PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 024-76191933 (Semarang), 021-8935060 (Jakarta)

Belt Conveyor dan Komponen Penting Yang Digunakan


Komponen-komponen dalam Belt Conveyor

Conveyor memiliki banyak jenis serta fungsi yang dapat dengan mudah dibedakan dari bentuknya yang berbeda-beda. Jenis-jenis conveyor yang tradisional adalah belt conveyor dan roller conveyor, sementara beberapa jenis conveyor yang lebih modern adalah modular conveyor dan table top chain conveyor.

Definisi Belt Conveyor

Belt conveyor adalah mesin conveyor yang menggunakan belt atau sabuk sebagai media pemindahan barangnya. Belt conveyor biasanya memiliki motor yang berfungsi untuk memutar roller penggerak atau roller drive yang terpasang rapat dengan kepada belt sehingga belt tersebut berputar mengikuti perputaran motor. Belt conveyor memiliki 2 jenis roller, yang pertama adalah roller penggerak / drive yang terpasang di bagian motor belt conveyor, lalu yang terakhir adalah roller diam / idler yang terpasang di ujung conveyor lainnya (yang tidak memiliki motor).

Penggunaan Belt Conveyor

Di Indonesia sendiri, banyak industri yang menggunakan belt conveyor. Hal ini dikarenakan oleh fungsi belt conveyor yang dapat mendukung banyak jenis barang yang dipindahkan. Kelemahan belt conveyor terdapat pada belt-nya yang dapat robek dan mayoritas jenis belt tidak food grade. Untuk supplier atau pembuat belt conveyor di Indonesia sudah tergolong relatif banyak terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Komponen Belt Conveyor

    Masing-masing spesifikasi belt conveyor memiliki beberapa opsi untuk dipilih. Jenis-jenis tiap komponen tersebut memiliki sifat dan fungsinya sendiri. Ada beberapa komponen yang wajib dipakai seperti motor pada belt conveyor, dan ada beberapa komponen yang opsional untuk dipakai seperti pembatas samping (side guide). Berikut komponen-komponen yang terdapat pada belt conveyor Indonesia:
  • Belt artinya sabuk atau lembaran yang dipakai sebagai media untuk memindahkan barang dari 1 ujung ke ujung lain dari belt conveyor tersebut. Belt memiliki banyak jenis dan fungsi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan tiap industri.
  • Roller berbentuk silinder yang biasanya terdapat di kedua ujung belt conveyor. Kedua roller ini dibungkus rapat oleh belt sehingga ketika roller berputar, belt akan bergerak searah perputaran roller.
  • Ladder atau rangka utama belt conveyor ini diletakkan di antara kedua roller (dan maka dari itu akan terletak di antara belt). Ladder berfungsi untuk menahan beban barang dan juga untuk mempertahankan jarak antara kedua roller agar belt tidak kehilangan ketegangannya.
  • Motor digunakan belt conveyor untuk menggerakkan belt dan biasanya diletakkan di salah satu ujung belt conveyor. Motor dapat dirakit di 3 area belt conveyor.
  • Kaki belt conveyor merupakan rangka vertikal yang membuat belt conveyor berdiri. Beberapa jenis kaki belt conveyor memiliki karet di bawahnya yang dapat meredam beban dinamis seperti getaran.
  • Cleat atau sirip pada belt merupakan sebuah pembatas yang ditempel di sepanjang belt. Cleat biasanya dipakai untuk belt conveyor yang naik atau turun (incline atau decline) agar barang tidak terjatuh atau untuk memberikan jarak yang konsisten antar barang.
  • Side wall atau dinding belt merupakan dinding yang ditempel di sepanjang sisi belt dan berfungsi sebagai pembatas agar barang tidak keluar dari area belt dan jatuh. Biasanya dipakai untuk belt conveyor naik atau turun (incline atau decline).
  • Penutup slot atau slot cover merupakan aksesoris yang dapat digunakan pada belt conveyor aluminium. Slot cover ini akan berfungsi untuk menutup semua slot pada aluminium profile yang tidak terpakai, agar belt conveyor tidak mengumpulkan debu atau kotoran di dalam slot nya.
  • Pengarah samping atau side guide berfungsi untuk mengarahkan barang untuk tetap berada di atas belt conveyor. Side guide berbentuk lurus searah dengan belt conveyor sedangkan side wall biasanya berbentuk bergelombang sehingga tidak dapat digunakan untuk mengarahkan barang. Side guide dipasang di samping rangka utama sedangkan side wall dipasang di belt langsung.