PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Apa Itu Side Guide, Jenis Dan Fungsi Dari Side Guide


Tipe Dan Fungsi Pembatas Samping
Connect Automation telah membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan produktivitas mereka.

Apakah perusahaan Anda yang selanjutnya?
Minta Penawaran

Pembatas samping pada conveyor adalah aksesoris yang dapat ditambahkan ke atas conveyor dengan tujuan untuk berfungsi sebagai ‘jaring pengaman’. Pembatas samping ini membantu menjaga produk-produk dari tergelincir dan terjatuh dari atas conveyor.

Pembatas samping conveyor sangatlah berguna terutama di situasi di mana belt conveyor bergerak di kecepatan tinggi. Dengan menjaga produk di atas belt dengan kokoh, pembatas samping juga membantu mencegah adanya kecelakaan kerja.

Ada beberapa tipe pembatas samping conveyor yang tersedia di pasaran. Tipe yang paling sering dipakai adalah pembatas samping statis. Tipe pembatas samping ini dipasang di rangka conveyor dan tidak bergerak.

Tipe lain dari pembatas samping conveyor adalah pembatas samping dinamis atau juga disebut dinding samping (karena bentuknya yang menyerupai dinding di sepanjang sisi belt). Tipe pembatas samping ini dipasang langsung ke atas belt dan bergerak dengan belt.

Tipe pembatas samping manapun yang Anda pilih, Anda dapat yakin bahwa pembatas samping tersebut akan membantu mengamankan produk Anda dari resiko jatuh dari conveyor.

Jika Anda memiliki belt conveyor di tempat Anda, maka kemungkinan besar Anda juga memiliki pembatas samping. Pembatas samping merupakan aksesoris penting bagi conveyor, berfungsi sebagai ‘jaring pengaman’ untuk mencegah produk tergelincir dan jatuh dari atas conveyor.

Saat memilih pembatas samping, sangatlah penting untuk memperhatikan lebar belt conveyor dan jenis produk yang akan digerakkan di atas belt. Sebagai contoh, jika Anda memindahkan produk yang mudah pecah, maka Anda perlu memilih pembatas samping yang tidak merusak produk Anda saat produk tersebut bergerak di atas belt conveyor.

Jika Anda memindahkan produk yang berat, maka Anda perlu memilih pembatas samping yang dapat menahan berat dari produk-produk tersebut. Anda juga perlu memperhatikan jarak aman antara pembatas samping belt pada conveyor. Jarak aman ini perlu cukup kecil untuk mencegah produk jatuh dari belt conveyor, namun cukup besar untuk memperbolehkan produk bergerak di atas belt conveyor dengan mudah.