PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Pengertian Sistem Conveyor dan Kegunaannya


Pengertian Sistem Conveyor dan Kegunaannya

Conveyor adalah hal yang sangat umum untuk orang-orang yang bekerja di area pabrik, akan tetapi istilah conveyor sendiri sangat jarang diketahui oleh masyarakat umum. Hampir semua orang yang bekerja di sebuah pabrik mengenal istilah conveyor, namun persentase tersebut jauh berbeda untuk orang-orang yang tidak bekerja di pabrik.

Baru-baru ini beberapa restoran seperti restoran Jepang yang menyediakan Sushi sebagai menu utama mereka, mulai menggunakan sistem conveyor untuk menyajikan Sushi kepada pelanggan mereka. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat umum terhadap istilah conveyor.

Connect Automation telah membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan produktivitas mereka.

Apakah perusahaan Anda yang selanjutnya?
Minta Penawaran

Pengertian Conveyor

Conveyor adalah mesin yang memiliki fungsi utama untuk memindahkan barang dalam jumlah banyak dari suatu tempat ke tempat yang lain. Mesin conveyor ini sangat sering digabungkan dengan fungsi lain seperti fungsi quality control, pemilahan produk, penimbangan produk, deteksi logam, memuat barang ke truk / menurunkan barang dari truk, dan lainnya. Fleksibilitas ini yang membuat conveyor sangat sering dipakai dalam lini produksi.

Tipe-Tipe Conveyor

Conveyor memiliki beberapa tipe atau bentuk yang sangat berbeda. Bentuk conveyor yang berbeda-beda ini bertujuan untuk mendukung jenis barang yang berbeda. Conveyor juga dapat dibuat dari material rangka yang berbeda seperti aluminium, stainless steel atau besi. Perbedaan material dapat meningkatkan kapasitas beban yang ditaruh di atas conveyor. Conveyor yang mengangkut makanan, minuman, obat-obatan atau barang lainnya yang tidak boleh terkontaminasi kotoran, harus menggunakan rangka dan bagian-bagian lain yang bersifat food-grade.

Masalah Industri Saat Ini

Masih banyak industri di Indonesia memiliki masalah yang sama yaitu pergerakan produk. Beberapa industri memiliki sistem conveyor yang sudah terintegrasi dengan kebutuhan lini produksi mereka, namun mayoritas industri masih menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkan barang.

Hal ini merupakan masalah besar dalam produksi. Tidak hanya tenaga manusianya diambil untuk proses pemindahan barang, tapi hal ini juga meningkatkan biaya produksi dan waktu yang digunakan untuk produksi. Perusahaan harus membayar 5x hingga 10x biaya produksi dan memakan waktu 5x hingga 10x waktu yang dibutuhkan jika tidak menggunakan conveyor. Ketiga hal ini merupakan hal yang pasti terjadi jika tidak menggunakan conveyor dan tidak mencakup hal yang mungkin terjadi seperti barang jatuh mengakibatkan kerusakan, pencurian barang produksi, barang hilang dan lainnya.

Manfaat Penggunaan Conveyor

Seperti yang telah dijelaskan di awal, conveyor memiliki fungsi utama yang dapat diintegrasikan dengan fungsi tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan industri, tetapi apa saja manfaat menggunakan conveyor? Penggunaan conveyor dalam lini produksi menjawab 3 permasalahan di atas.

    Dengan menggunakan conveyor dalam lini produksi, Anda dapat:
  • Menghilangkan tenaga manusia dari proses pemindahan produk
  • Menghilangkan / meminimalisir kerugian barang produksi (karena jatuh atau sebab lainnya) saat pemindahan barang
  • Menghemat biaya produksi dengan memangkas biaya tenaga manusia dari proses
  • Menghemat biaya produksi dengan melakukan investasi conveyor sekali untuk manfaat jangka panjang
  • Mempercepat proses pemindahan barang, karena conveyor bekerja secara otomatis dan terus menerus.

Tabel berikut mencontohkan perbedaan antara penggunaan tenaga manusia dan conveyor dalam memindahkan barang.

Tenaga Manusia Indikator Conveyor
Sejumlah tenaga manusia yang tersedia saat itu (bervariasi) Jumlah Barang Yang Dipindahkan Tidak terbatas
Jumlah tenaga manusia * Gaji per durasi proses (tiap bulan) Biaya Seharga conveyor dibutuhkan (sekali bayar)
Sesuai dengan kecepatan manusia Kecepatan Perpindahan Dapat disetel dari lambat hingga sangat cepat
Menurun karena tenaga manusia memiliki batas Performa Konstan dan terukur
Bervariasi tergantung manusianya Keandalan Bekerja dengan kualitas yang baik tiap saat dengan maintenance teratur
Bingung memilih conveyor yang ingin dibeli? Ada spesifikasi yang ingin dibahas lebih lanjut?

Konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer kami!
Janjian Konsultasi

Connect Automation menyediakan berbagai macam solusi industri dengan kualitas terbaik di Indonesia seperti belt conveyor, roller conveyor serta solusi lainnya. Dengan kualitas produk dan layanan yang terjamin oleh ISO 9001:2015, Connect Automation telah meningkatkan produktivitas dan mempercepat lini produksi di berbagai perusahaan kecil hingga besar. Konsultasikan kebutuhan industri Anda sekarang GRATIS!