PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

4 Tipe Conveyor dan Aplikasinya


4 Tipe Conveyor dan Aplikasinya

Ingin membeli conveyor untuk industri Anda tapi belum tahu mana yang cocok? Mesin conveyor dapat digolongkan sebagai investasi jangka panjang, maka dari itu sangatlah penting untuk membeli conveyor yang tepat dan dapat diandalkan. Conveyor yang tepat dapat meningkatkan produktivitas, mempercepat proses di lini produksi dan mengembangkan industri Anda bahkan meningkatkan profit Anda dengan cara yang Anda mungkin belum sadari.

Connect Automation telah membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan produktivitas mereka.

Apakah perusahaan Anda yang selanjutnya?
Minta Penawaran

4 Tipe Conveyor dan Aplikasinya

  1. Belt Conveyor

    Belt conveyor adalah conveyor yang menggunakan belt / sabuk, yang mengitari permukaan conveyor, untuk memindahkan barang dari ujung belt conveyor ke ujung lainnya. Belt conveyor biasanya menggunakan motor yang disambungkan ke roller drive untuk menggerakkan beltnya.

    Belt conveyor dapat menggunakan belt yang terbuat dari berbagai macam material. Hal ini membuat belt conveyor sangat cocok untuk dipakai di mayoritas industri. Jika memerlukan belt conveyor food grade, maka disarankan untuk memakai belt dari material PU atau Polyurethane dan memakai stainless steel grade 304 untuk rangkanya.

    Beberapa industri yang cocok menggunakan belt conveyor adalah:

    • Industri rubber belt
    • Industri PVC
    • Industri agrikultur
    • Industri makanan dan minuman
    • Industri plastik
    • Industri pengemasan

  2. Roller Conveyor

    Roller conveyor adalah conveyor yang menggunakan banyak roller untuk memindahkan barang dari ujung ke ujung roller conveyor. Tidak seperti belt conveyor di mana beltnya ikut bergerak dari ujung ke ujung, roller pada roller conveyor tidak ikut bergerak akan tetapi roller conveyor berputar pada porosnya sehingga barang di atas roller bergerak dari 1 roller ke roller selanjutnya hingga ke ujung roller conveyor.

    Roller pada roller conveyor dapat dibuat dari material aluminium atau stainless steel di mana stainless steel grade 304 disarankan jika roller conveyor digunakan untuk memindahkan makanan dan minuman atau barang lain yang memerlukan tingkat kebersihan tinggi / higienis. Perbedaan material pada roller juga akan mempengaruhi kapasitas beban yang dapat dipindahkan oleh roller conveyor.

    Beberapa industri yang cocok menggunakan roller conveyor adalah:

    • Industri makanan dan minuman
    • Industri pengemasan
    • Industri pergudangan dan logistik
    • Jasa pengiriman surat atau barang
    • Industri penanganan bagasi

  3. Modular Conveyor

    Modular conveyor adalah conveyor yang menggunakan belt / sabuk terbuat dari modul-modul plastik yang digabungkan dengan menggunakan batang penghubung. Belt modular conveyor digerakkan menggunakan motor yang terhubung dengan sprocket. Sprocket-sprocket ini memiliki gerigi yang berfungsi untuk menggerakkan belt modular conveyor dan menjaga agar belt tidak lepas dari jalur.

    Belt pada modular conveyor tersedia dalam berbagai tipe dan bentuk. Belt modular memiliki keunggulan yang signifikan dibandingkan belt pada belt conveyor karena belt modular dapat dengan mudah dan cepat diganti jika terdapat kerusakan. Hal ini tentunya meminimalisir down-time dan menghemat biaya saat melakukan perbaikan atau perawatan.

    Beberapa industri yang cocok menggunakan modular conveyor adalah:

    • Industri kosmetik
    • Industri makanan dan minuman
    • Industri farmasi
    • Industri otomotif
    • Industri furnitur dan pengerjaan kayu
    • Jasa pengiriman surat atau barang

  4. Table Top Chain Conveyor

    Table top chain conveyor adalah conveyor yang menggunakan belt / sabuk terbuat dari modul-modul plastik atau stainless steel serupa dengan modular conveyor. Perbedaan antara modular conveyor dan table top chain conveyor adalah lebar dari table top chain conveyor biasanya tidak lebih dari 300mm. Hal ini dikarenakan beberapa industri tertentu memiliki kebutuhan untuk memindahkan barang-barang kecil dengan rapi.

    Kapasitas beban yang dapat diangkut table top chain conveyor tergantung dengan material rangka conveyor akan tetapi biasanya table top chain conveyor tidak dipakai untuk barang-barang yang berat (heavy-duty) namun untuk barang-barang ringan (light-duty).

    Beberapa industri yang cocok menggunakan table top chain conveyor adalah:

    • Industri plastik
    • Industri pengemasan
    • Industri pembuatan kaleng
    • Industri minuman

Bingung memilih conveyor yang ingin dibeli? Ada spesifikasi yang ingin dibahas lebih lanjut?

Konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer kami!
Janjian Konsultasi

Selalu pertimbangkan informasi-informasi di atas ketika Anda ingin meningkatkan produktivitas industri Anda. Connect Automation tetap menyarankan agar Anda melakukan konsultasi kepada vendor conveyor terpercaya sebelum melakukan pembelian conveyor.

Connect Automation menyediakan conveyor dengan desain standar dan custom. Desain standar memperbolehkan kami untuk memberikan layanan dan produk lebih cepat sedangkan desain custom disediakan untuk memenuhi kebutuhan tiap industri yang berbeda-beda.

Apakah Anda berminat untuk membeli conveyor dan ingin berkonsultasi terlebih dahulu? Connect Automation menyediakan konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer profesional kami yang akan memberikan solusi terbaik untuk Anda. Hubungi kami sekarang untuk membuat janji konsultasi!