PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Keuntungan Menggunakan Modular Conveyor


Keuntungan dan Kelebihan Menggunakan Modular Conveyor

Conveyor memiliki berbagai macam dan keunggulannya masing-masing. Conveyor dapat dibuat menjadi banyak bentuk menggunakan berbagai macam material untuk berbagai kegunaan juga dalam lini produksi. Sama halnya dengan modular conveyor ini, jenis ini memiliki kelemahan dan kelebihan yang menjadikannya unik dibandingkan yang lain. Modular Conveyor ini menggunakan rangkaian modul plastik yang berfungsi sebagai belt atau sabuknya. Hal ini bertujuan ketika sabuk plastik mengalami permasalahan atau kerusakan, perbaikannya tidak akan semahal dan banyak memakan waktu seperti conveyor sabuk tradisional. Selain itu, modular conveyor biasanya digunakan pada industri yang membutuhkan tingkat steril yang cukup tinggi.

Keuntungan Menggunakan Modular Conveyor

Keuntungan dari menggunakan modular conveyor yang pertama adalah pada saat terjadi kerusakan pada belt/sabuk yang berfungsi mengangkat atau memindahkan barang, maka tidak perlu mengganti satu full sabuk. Yang perlu dilakukan adalah hanya mengganti rantai modular yang rusak saja. Hal ini akan berpengaruh pada penghematan waktu, biaya perbaikan, dan juga efisiensi dan efektivitas kerja. Keuntungan kedua dari modular conveyor adalah jenis conveyor ini pada bagian sabuk atau beltnya terbuat dari bahan yang food grade. Karena belt dari material food grade, makan conveyor modular dapat digunakan pada industri yang membutuhkan tingkat steril yang cukup tinggi serta aman untuk kimia.

Beda Conveyor Belt dan Conveyor Modular

Conveyor belt modular adalah conveyor yang menggunakan sabuk untuk memindahkan barang dari satu ujung ke ujung lainnya sama halnya seperti yang dilakukan conveyor belt tradisional. Lalu apa perbedaan antara belt conveyor tradisional dan modular belt conveyor? Conveyor belt modular menggunakan sabuk yang didesain untuk modularitas. Tidak seperti belt tradisional, belt modular ini dibuat dari modul plastik kecil yang digabungkan bersama, menggunakan batang sambungan, menjadi belt modular utuh.

Biaya Perawatan yang Sangat Rendah Dibandingkan Belt Conveyor

Mengganti belt pada conveyor belt biasa, membutuhkan banyak proses dan juga memakan waktu yang lama untuk melakukannya. Dengan conveyor belt modular, Anda hanya perlu melepaskan belt modular yang rusak lalu memasangnya dengan yang baru. Hal ini akan mengurangi durasi waktu perawatan dan breakdown time sehingga lini produksi dapat berjalan kembali.

Material Menggunakan Bahan Food Grade

Sebagian besar bbelt pada modular conveyor menggunakan bahan plastik yang diijinkan FDA (Food and Drug Administration) untuk kontak langsung dengan makanan. Material-material tersebut adalah Polyethylene (PE), Polypropylene (PP) dan Polyacetal (POM). Jika industri Anda membutuhkan tingkat kebersihan tertentu, maka gunakanlah conveyor belt modular ini. Jangan khawatir! Tidak hanya industri makanan & minuman yang dapat menggunakannya, industri lain juga dapat menggunakan conveyor belt modular ini untuk memindahkan produknya.

Tidak Ada Lagi Tenaga Manual untuk Memindahkan Barang

Hal menarik tentang conveyor adalah mereka sepenuhnya menggantikan kebutuhan akan tenaga kerja manual untuk memindahkan produk Anda. Jika Anda memiliki 1 orang yang melakukan pekerjaan manual ini, tidak hanya Anda akan menghemat biaya tenaga kerja untuk orang tersebut dan Anda juga akan menghemat waktu dengan memindahkan produk lebih cepat dan konsisten dengan menggunakan conveyor belt modular dan juga mengeliminasi risiko yang mungkin terjadi pada orang tersebut selama kerja manual. Dengan conveyor belt modular Anda akan mendapatkan konsistensi, keandalan, dan proses yang lebih cepat secara terus menerus! Lalu tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan disini sekarang juga!