PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Apakah Benar Menggunakan Modular Belt Conveyor Menghemat Biaya


Apakah Benar Menggunakan Modular Belt Conveyor Menghemat Biaya

Apa Itu Modular Belt Conveyor Dan Apa Bedanya?

Conveyor belt modular adalah conveyor yang menggunakan sabuk untuk memindahkan barang dari satu ujung ke ujung lainnya sama halnya seperti yang dilakukan conveyor belt tradisional. Lalu apa perbedaan antara belt conveyor tradisional dan modular belt conveyor? Conveyor belt modular menggunakan sabuk yang didesain untuk modularitas. Tidak seperti belt tradisional, belt modular ini dibuat dari modul plastik kecil yang digabungkan bersama, menggunakan batang sambungan, menjadi belt modular utuh.

Bagaimana Menghemat Uang Dengan menggunakan Modular Belt Conveyor?

Pertama-tama, kita harus ubah sedikit paradigmanya. Dengan conveyor, kata yang lebih tepat adalah 'berinvestasi' bukan 'menghabiskan', karena ada banyak alasan yang bagus. Mari kita bahas satu per satu. Saya cukup yakin Anda akan berinvestasi conveyor belt modular setelah membaca artikel ini!

Tidak Ada Lagi Tenaga Manual Untuk Memindahkan Barang

Hal menarik tentang conveyor adalah mereka sepenuhnya menggantikan kebutuhan akan tenaga kerja manual untuk memindahkan produk Anda. Jika Anda memiliki 1 orang yang melakukan pekerjaan manual ini, tidak hanya Anda akan menghemat biaya tenaga kerja untuk orang tersebut dan Anda juga akan menghemat waktu dengan memindahkan produk lebih cepat dan konsisten dengan menggunakan conveyor belt modular dan juga mengeliminasi risiko yang mungkin terjadi pada orang tersebut selama kerja manual. Dengan conveyor belt modular Anda akan mendapatkan konsistensi, keandalan, dan proses yang lebih cepat secara terus menerus!

Produk Makanan Anda Dapat Menyentuh Belt Secara Langsung

Sebagian besar conveyor belt modular menggunakan bahan plastik yang diijinkan FDA (Food and Drug Administration) untuk kontak langsung dengan makanan. Material-material tersebut adalah Polyethylene (PE), Polypropylene (PP) dan Polyacetal (POM). Jika industri Anda membutuhkan tingkat kebersihan tertentu, maka gunakanlah conveyor belt modular ini. Jangan khawatir! Tidak hanya industri makanan & minuman yang dapat menggunakannya, industri lain juga dapat menggunakan conveyor belt modular ini untuk memindahkan produknya.

Walaupun terlihat sangat bagus, namun tetap ada kekurangannya yaitu terletak pada material belt itu sendiri, yaitu plastik! Seperti yang Anda ketahui, plastik dapat retak dan pecah di bawah tekanan berat atau lingkungan yang abrasif, jadi pastikan Anda menggunakan conveyor belt modular untuk jenis produk yang cocok. Industri pertambangan tidak dapat menggunakan conveyor belt modular karena mereka menggunakan conveyor heavy-duty yang memiliki ketahanan tinggi terhadap tekanan tinggi akibat benturan dan kapasitas beban yang tinggi secara keseluruhan.

Biaya Perawatan Yang Sangat Rendah Dibandingan Belt Conveyor

Mengganti belt pada conveyor belt tradisional membutuhkan banyak proses dan juga memakan waktu yang lama untuk melakukannya. Dengan conveyor belt modular, Anda hanya perlu melepaskan belt modular rusak lalu memasang yang baru. Mengatur ketegangan belt? Tidak dibutuhkan. Hal ini mengurangi durasi waktu perawatan dan breakdown time sehingga lini produksi Anda dapat berjalan kembali.

Apa saya sudah bilang bahwa Anda tidak perlu mengganti keseluruhan belt modular? Jika belt tradisional robek, Anda perlu membeli belt utuh yang baru, lalu melakukan banyak proses untuk menggantinya. Dengan conveyor belt modular, Anda hanya perlu membeli modul plastik yang rusak, menggantinya, lalu menyalakan kembali conveyor seperti tidak pernah ada kerusakan.