PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 024-76191933 (Semarang), 021-8935060 (Jakarta)

Pengertian Belt Conveyor dan Fungsinya


Pengertian Belt Conveyor

Belt conveyor pada dasarnya adalah sebuah mesin yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengangkut dan memindahkan barang-barang padat dalam jumlah yang besar. Penggunaan belt conveyor sangat banyak terdapat di area perindustrian karena di area pemukiman, masyarakat tidak memindahkan barang dalam jumlah sebanyak di area perindustrian dan maka dari itu sangat jarang ditemui warga yang memiliki belt conveyor di area tempat tinggalnya. Belt conveyor biasanya digunakan untuk mengangkut dan memindahkan barang-barang padat seperti kemasan barang, produk makanan atau minuman, suku cadang, peralatan makan dan lain lain.

Pengertian Belt Conveyor

Pengertian belt conveyor adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Belt conveyor memiliki banyak spesifikasi yang memperbolehkan belt conveyor mengangkut barang-barang padat dengan berbagai karakteristik seperti panas, berminyak, tajam dan lainnya.

Belt conveyor digunakan untuk membantu memindahkan barang-barang dalam jumlah besar atau barang-barang yang berat. Di dalam kawasan industri, belt conveyor sangat dibutuhkan untuk memindahkan produk-produk atau bahan mentah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Selain cepat dan mudah, belt conveyor dapat menghemat tenaga manusia yang dibutuhkan untuk memindahkan produk-produk tersebut.

Fungsi Belt Conveyor

Yang membedakan belt conveyor dengan conveyor jenis lainnya adalah cara belt conveyor memindahkan barang menggunakan sabuknya. Belt conveyor memiliki sabuk yang berfungsi untuk menerima produk dan memindahkan produk.

Belt conveyor mendukung proses produksi yang lebih spesifik selain fungsi dasarnya untuk memindahkan barang. Beberapa proses produksi yang didukung oleh penggunaan belt conveyor adalah:

  • Sortir

    Beberapa proses produksi memerlukan proses sortir produk yang cepat dan otomatis. Belt conveyor digunakan bersamaan dengan alat seperti sensor untuk memilah-milah produk yang baik dan yang jelek.

  • Pengemasan

    Belt conveyor dapat digunakan di dalam proses pengemasan agar produk yang ingin dikemas datang dengan cepat kepada orang yang melakukan pengemasan. Proses pengemasan ini didukung juga dengan penggunaan carton sealer.

  • Pendinginan

    Produk panas yang baru saja keluar dari proses pengolahan dapat didinginkan dengan menggunakan belt conveyor khusus. Pendinginan ini biasanya didukung dengan adanya lubang-lubang kecil pada sabuk belt conveyor yang memungkinkan aliran udara. Untuk lebih cepat mendinginkan produk, belt conveyor dapat difungsikan bersamaan dengan blower yang diarahkan kepada belt conveyor.

  • Distribusi

    Belt conveyor dapat digunakan untuk mengirimkan produk-produk dari mesin pengolahan ke mesin lainnya dalam satu proses produksi. Hal ini menghilangkan proses yang mana produk diangkut manual oleh manusia ke atas belt conveyor.

  • Labelling & Printing

    Proses pelabelan produk juga didukung oleh belt conveyor sehingga orang dapat dengan cepat mencetak label di atas kemasan produk dengan menggunakan alat seperti printer. Contoh label yang biasanya dicetak ke kemasan adalah label tanggal kadaluarsa dan nama produk.

  • Menimbang

    Produk yang dipindahkan menggunakan belt conveyor dapat secara otomatis ditimbang juga. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sensor, timbangan serta ejector. Produk akan berhenti di atas timbangan dan jika berat produk di luar standar maka ejector akan mendorong produk tersebut keluar belt conveyor.