PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

4 Poin Penting Dalam Memilih Conveyor Yang Tepat Untuk Anda


4 Poin Penting memilih Belt Conveyor
Penggunaan belt conveyor memberikan kemudahan dalam proses transfer material dari titik input ke titik output. Conveyor dengan menggunakan belt menjadi tipe conveyor yang paling umum diaplikasikan untuk kebutuhan produksi. Tapi tahukah Anda poin-poin penting sebelum memilih belt conveyor yang tepat?
Tiap industri harus menggunakan belt conveyor yang tepat berdasarkan kegunaan dan kebutuhan masing-masing lini produksi. Sebagai contoh, hasil produksi kemasan plastik tidak harus menggunakan belt conveyor food grade karena kemasan tersebut bukan produk konsumsi.
Gunakanlah belt conveyor yang tepat untuk penanganan material / produk dengan memahami 4 poin penting sebelum memilih belt conveyor. Berikut penjelasannya:

Material Belt Conveyor

Material belt conveyor yang umum digunakan oleh kebanyakan industri adalah pvc dan polyurethane (PU). Pemilihan material tersebut disesuaikan dengan kebutuhan belt conveyor industri yang beragam.
Beberapa industri membutuhkan belt yang lebih tebal dengan alasan agar belt conveyor lebih awet selama digunakan. Selain itu, pemilihan ketebalan belt conveyor dipertimbangkan berdasarkan pengaplikasiannya dan desain conveyor.
Kebutuhan belt conveyor juga dapat dipertimbangkan dari sisi electrical capabilities. Klasifikasi electrical capabilities pada belt conveyor antara lain anti-statis dan konduktif. Intensitas gesekan produk terhadap belt menjadi alasan dipertimbangkannya hal tersebut.
Selain konstruksi material, Anda juga dapat mempertimbangkan karakteristik fisik belt conveyor serta modifikasi belt conveyor jika benar-benar dibutuhkan untuk penanganan material industri Anda. Namun, Anda tetap harus memperhatikan efektivitas jika perlu memodifikasi belt conveyor.

Permukaan Belt Conveyor

Permukaan belt conveyor dapat berupa permukaan yang licin, bertekstur dan berminyak. Permukaan belt dapat berpengaruh pada performa conveyor. Berikut pengaplikasiannya:
- Belt conveyor dengan permukaan bertesktur sesuai untuk transfer produk dengan kondisi menanjak. Karena permukaan belt conveyor bertekstur menahan atau memperbesar gesekan dengan produk agar tidak tergelincir pada saat proses transfer. Untuk tanjakan yang lebih curam bisa menggunakan belt cleated.
Incline Conveyor menggunakan Belt Cleat
Incline Conveyor menggunakan Belt Cleated - Connect Automation
- Kebutuhan akumulasi atau mengumpulkan produk pada satu titik conveyor akan lebih sesuai menggunakan permukaan belt conveyor yang licin.
- Produk bersifat lengket membutuhkan permukaan belt conveyor yang anti lengket seperti PU belt matte. Berbeda dengan PU belt glossy yang cenderung lebih kesat.
- Perpindahan produk spare part otomotif memerlukan permukaan belt conveyor yang tahan panas, tidak lebih dari 200 derajat, atau dibeberapa kasus membutuhkan permukaan yang berminyak.

Produk yang Ditransfer

Produk yang ditransfer menjadi poin terpenting pertimbangan Anda sebelum memilih belt conveyor. Hal ini dikarenakan material dan permukaan belt conveyor dipilih berdasarkan produk yang ditransfer. Sehingga poin ini menjadi kunci utama dalam menentukan material serta permukaan belt conveyor yang sesuai dengan produk Anda.
Produk yang Anda letakkan ke atas conveyor sangat berpengaruh pada tipe conveyor dan spesifikasi conveyor yang Anda butuhkan. Ada banyak spesifikasi yang perlu dipertimbangkan jika ingin mengoptimalkan kapasitas lini produksi dengan menggunakan conveyor.

Dimensi barang yang ditransfer

Rumus untuk menghitung dimensi barang adalah panjang x lebar x tinggi, jika Anda lupa. Dimensi barang yang akan ditransfer menentukan lebar permukaan belt conveyor yang akan digunakan. Jika semakin besar dimensi barangnya, semakin lebar pula permukaan belt conveyor yang dibutuhkan.
Selain itu hal ini juga dapat dipertimbangkan untuk penambahan aksesori seperti side guides yang mempermudah Anda untuk mengatur proses transfer agar barang tidak keluar dari belt conveyor.

Berat satuan barang

Berat satuan barang penting untuk diketahui karena akan mempengaruhi 2 aspek pemilihan belt conveyor Anda.
Pertama, hal ini akan berpengaruh pada ketebalan belt conveyor. Semakin berat barang yang akan ditransfer, semakin tebal pula belt yang akan digunakan supaya lebih awet. Sama halnya dengan keadaan menanjak diperlukan permukaan yang lebih bertekstur untuk menahan barang yang lebih berat.
Kedua, berat satuan barang juga dapat berpengaruh pada roller yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan pergerakan barang tidak hanya bertumpu pada belt conveyor saja melainkan juga pada roller yang ada di bawah belt.

Berat total barang pada conveyor

Sekedar tambahan dalam pembahasan belt conveyor. Berat total barang yang diletakkan di atas belt conveyor akan menentukan material body / ladder dan kaki conveyor. Semakin berat total barang pada conveyor, semakin kuat pula material yang dibutuhkan untuk ladder dan kaki conveyor tersebut.
Anda dapat menggunakan aluminium untuk kebutuhan medium-light duty. Untuk kebutuhan heavy duty, Anda dapat menggunakan conveyor berbahan besi.

Belt Conveyor Khusus

Permukaan belt conveyor dapat berupa permukaan yang licin, bertekstur dan berminyak. Permukaan belt dapat berpengaruh pada performa conveyor. Berikut pengaplikasiannya :
- Sanitary conveyors untuk kebutuhan industri food and beverages (F&B). Belt conveyor harus sesuai dengan good manufacturing practices (GMP) yang ditetapkan oleh Menteri Perindustrian Indonesia. Anda harus menggunakan belt conveyor food grade seperti PU atau modular untuk industri F&B.
- Rangka belt conveyor berbentuk Z membutuhkan belt conveyor khusus yang memiliki fleksibilitas dan stabilitas yang tepat untuk rangka conveyor ini.
Z Incline Belt Conveyor
Z Incline Belt Conveyor - Connect Automation
Terdapat banyak sekali tipe-tipe conveyor selain belt conveyor dan mengetahui perbedaan antar tipe conveyor tersebut sangatlah penting.

Kesimpulan

Terdapat 4 Poin yang harus dipahami sebelum memilih belt conveyor yang tepat, antara lain material belt conveyor, permukaan belt conveyor, produk yang ditransfer dan belt conveyor khusus.
Poin terpenting yang harus diperhatikan sebelum memilih belt conveyor adalah memahami secara utuh produk yang akan ditransfer. Ketika sudah memahami hal tersebut, akan lebih mudah untuk menentukan belt conveyor yang tepat untuk digunakan.
Konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan penawaran harga belt conveyor terbaik dari Connect Automation dengan pelayanan yang professional. Connect Automation hadir di Surabaya, Semarang dan Jakarta untuk memenuhi kebutuhan belt conveyor Anda.

Kenapa harus Connect Automation?

Connect Automation telah dipercaya sejak 2006 oleh perusahaan-perusahaan besar di dalam maupun luar negeri untuk memenuhi kebutuhan solusi industri. Kami memiliki tim profesional untuk memproduksi belt conveyor, roller conveyor, work/inspection tables (QC, assembly, etc), safety guarding, cover machines, work platform, dan kebutuhan industri lainnya.
Connect automation juga mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 Quality Management System dan berkomitmen untuk menyediakan solusi yang tepat untuk Anda sesuai dengan ketentuan waktu pengiriman, dana dan kebutuhan industri Anda.