PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Meningkatkan Produktivitas Menggunakan Budaya 3S


3S Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas
Kebiasaan produktif adalah pola tingkah laku atau tindakan yang secara konsisten mendukung pencapaian tujuan dan peningkatan efisiensi. Penerapan kebiasaan-kebiasaan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam pekerjaan.
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, meningkatkan produktifitas menjadi salah satu kunci kesuksesan. Salah satu metode yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja adalah menerapkan budaya 3S: Sweep, Sort, dan Standardize. Budaya ini berasal dari metode manajemen Lean, yang berfokus pada eliminasi limbah dan peningkatan efisiensi operasiona;. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih terorganisir, efisien, dan responsif terhadap perubahan.
Kami akan menjelaskan tentang metode bernama Sweep, Sort dan Standardised (disingkat 3S). Kami menggunakan 5S (Sorting, Simplify, Systematic Cleaning, Standardising dan Sustaining) yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dan kami sederhanakan lagi ke 3S karena kami lihat itulah inti dasar dari 5S. Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara kami meningkatkan produktivitas kami dengan langkah-langkah sederhana.

Sweep

Sebelum Anda mulai bekerja (dengan penuh hati), periksa dan bersihkan semua hal yang akan Anda gunakan dalam pekerjaan Anda. Yang kami maksud adalah peralatan, dokumen, wadah suku cadang, mouse dan bahkan mousepad-nya. Gunakan beberapa saat untuk memeriksa semuanya yang akan Anda gunakan. Pastikan semua alat yang akan Anda gunakan sudah siap sehingga pekerjaan Anda tidak terhenti karena masalah teknis (misalnya, mouse Anda rusak)

Sort

Setelah Anda periksa semua hal yang ANDA BUTUHKAN untuk pekerjaan tersebut, Anda akan menemukan hal-hal yang TIDAK ANDA PERLUKAN untuk pekerjaan itu (tapi jika Anda tidak menemukannya, maka selamat untuk Anda!). Di Connect Automation, kami selalu meletakkan barang yang kami perlukan untuk bekerja dekat dengan kami. Yang tidak kami perlukan? Kami letakkan jauh dari tempat kerja hanya karena kami belum butuhkan barang itu untuk pekerjaan kami. Hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seharusnya tidak di depan Anda, hal-hal tersebut menciptakan gangguan untuk tugas yang Anda kerjakan (dan juga tempat yang dihabiskan yang bisa Anda gunakan untuk bekerja).

Standardise

Buatlah kebiasaan ini standar Anda. Jika tugas Anda biasanya memerlukan barang yang berbeda dari satu tugas ke yang lain, maka jadikan 3S sebagai proses standar sebelum Anda bekerja. Hal baik akan datang dari kebiasaan yang baik, dan sebaliknya, hal buruk biasanya datang jika Anda membiarkan kebiasaan buruk berlanjut. Mulailah dengan hal kecil, jadikan standar, lakukan tiap hari dan Anda akan melhiat betapa meningkatnya produktivitas Anda.
Sedikit bingung bagaimana ANDA dapat melakukan 3S di pekerjaan Anda? Lihatlah beberapa contoh berikut.

Contoh

Anda bekerja kantoran dan bertanggung jawab menghitung biaya total untuk produk yang dijual perusahaan Anda. Sekarang perusahaan Anda ingin menjual lini produk yang baru dan tidak pernah dilihat sebelumnya. Anda, sebagai karyawan yang bertanggung jawab, memutuskan untuk diskusi dengan penanggung jawab produk baru tersebut. Anda mencatat dan penanggung jawab itu memberikan Anda daftar bahan (atau material) yang dibutuhkan unutuk memproduksi tiap produk baru tersebut. Ketika Anda punya semua yang Anda butuhkan, Anda kembali dan meletakkan semua ke atas meja Anda.
Jika Anda tidak mengerti 3S, Anda pasti bekerja dari tumpukan paling atas dulu kan? dan dalam kasus ini, hal itu mungkin cara paling efektif. Tapi Anda mengerti 3S dan dalam diskusi Anda sebelumnya, Anda memutuskan untuk memisahkan dokumen produk dan Anda satukan per produk. Sekarang, dari pada tumpukan kertas di meja Anda, Anda memiliki kertas yang sudah disatukan per produk. Selamat untuk Anda!
Secara ringkas hal ini harus Anda lakukan sebelum mulai bekerja:
Sweep – Periksa dan bersihkan semua yang Anda butuhkan untuk tugas
Sort – Letakkan hal yang berhubungan dengan pekerjaan di depan Anda dan jauhkan hal yang tidak berhubungan
Standardise – Jadikan ini sebuah kebiasaan
Meningkatkan produktivitas Anda tidak akan jadi masalah lagi dan hidup Anda akan menjadi lebih mudah ketika Anda mulai mengembangkan cara Anda bekerja, Sekarang Anda sudah mengenal kebiasaany yang kami lakukan untuk meningkatkan produktivitas kami, sekarang giliran Anda untuk melakukannya dan memiliki pengalaman kerja yang menyenangkan.
Mengetahui detil spesifikasi sebelum memilih konveyor itu penting!
Pelajari selebihnya di sini
Mau tahu cara pelanggan kami meningkatkan produktivitas menggunakan Konveyor Modular?
Baca kisah mereka di sini