PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 024-76191933 (Semarang), 021-8935060 (Jakarta)

Cara Menentukan Tipe Gear Box dan Motor Pada Conveyor


Cara Memilih Jenis Gear Box dan Motor

Conveyor adalah mesin yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya secara otomatis dan terus menerus. Umumnya, parameter yang dicari dari sebuah conveyor adalah kapasitas beban maksimal dan kecepatan conveyor tersebut. Beberapa industri membutuhkan conveyor yang berjalan cepat, berjalan lambat atau kombinasi antara conveyor cepat dan lambat di lini produksi yang sama.

Connect Automation telah membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan produktivitas mereka.

Apakah perusahaan Anda yang selanjutnya?
Minta Penawaran

Kapasitas beban yang dapat diangkut oleh conveyor serta kecepatan conveyor berjalan merupakan 2 hal yang saling berkaitan. Jika kapasitas beban yang diangkut lebih berat maka kecepatan conveyor makin lambat, begitu pula sebaliknya. Kapasitas beban dan kecepatan conveyor dipengaruhi oleh 2 komponen, yaitu motor dan gear box yang dipakai oleh conveyor.

Motor adalah komponen penting yang berfungsi sebagai sumber penggerak conveyor. Conveyor dapat bergerak tanpa menggunakan motor melainkan menggunakan sumber penggerak lain seperti gaya gravitasi yang digunakan pada decline / gravity roller conveyor.

Gear box berfungsi sebagai pengatur kecepatan putar drive roller pada conveyor. Cara kerja gear box mirip dengan roda gigi pada sepeda, kecepatan perputaran diatur oleh rasio besarnya roda gigi sehingga kecepatan conveyor dapat diatur sesuai kebutuhan.

    Beberapa pertanyaan yang akan Anda dapatkan dari pemasok conveyor Anda adalah:
  • Berapa beban total barang yang ingin Anda letakkan di atas conveyor?
  • Seberapa cepat Anda ingin conveyor Anda berjalan?

Dua pertanyaan ini ditanyakan agar membantu pemasok conveyor Anda untuk menentukan jenis motor, kapasitas motor dan gear box yang digunakan. Spesifikasi motor yang mempengaruhi kapasitas beban dan kecepatan conveyor adalah jenis motor (1-fasa atau 3-fasa) dan tenaga motor (menggunakan satuan Watt pada motor 1-fasa dan Kilo Watt pada motor 3-fasa), sedangkan spesifikasi gear box yang menentukan adalah rasio gear box.

Speed Table Example

Seperti yang dapat terlihat di gambar di atas, dengan menggunakan motor yang memiliki tenaga yang sama, semakin besar rasio gear box berarti semakin lambat kecepatan conveyor dan semakin tinggi kapasitas beban yang dapat diangkut oleh conveyor.

Bingung memilih conveyor yang ingin dibeli? Ada spesifikasi yang ingin dibahas lebih lanjut?

Konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer kami!
Janjian Konsultasi

Connect Automation menyediakan beberapa dokumen petunjuk yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam menentukan spesifikasi gear box dan motor untuk conveyor Anda. Connect Automation menyarankan agar Anda tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pemasok conveyor sebelum melakukan pembelian conveyor apapun.