PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Tips Aman Bekerja Dengan Conveyor


Tips Bekerja Dengan Conveyor

Belt conveyor tentunya memiliki fungsi yang sangat penting dalam lini produksi di pabrik manapun. Fungsi penting conveyor adalah untuk menggantikan tenaga manusia dalam memindahkan barang dalam jumlah banyak berulang kali. Dengan tenaga manusia, perpindahan barang hanya dapat dilakukan dengan metode perulangan karena beberapa manusia (bahkan dengan alat bantu pun) memiliki batas jumlah barang yang dapat diangkut dalam sekali jalan. Dengan adanya conveyor, tidak hanya pekerjaan memindahkan barang ini digantikan oleh conveyor akan tetapi conveyor juga dapat memindahkan barang dengan jumlah banyak secara terus menerus.

conveyor memiliki banyak fungsi di berbagai bidang industri. Untuk industri kemasan, conveyor dapat digunakan untuk memindahkan kemasan dari mesin potong ke area labelling. Untuk industri makanan, conveyor dapat digunakan untuk memindahkan makanan dari mesin oven ke area pendinginan (conveyor pun dapat digunakan untuk mendukung proses pendingingan).

Beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja di area mesin conveyor.

  • Gunakan safety shoes dan hard hat

    Jika permukaan conveyor lebih tinggi dari kaki dan barang di atas conveyor memiliki resiko untuk terjatuh, maka sebaiknya menggunakan safety shoes agar barang yang terjatuh tidak melukai kaki. Jika permukaan conveyor atau letak barang yang dipindahkan oleh conveyor lebih tinggi atau sejajar dengan kepala maka gunakanlah hard hat agar barang tidak terlempar ke kepala.

  • Pastikan tidak ada benda panjang yang tidak dapat dikontrol gerakannya

    Benda-benda seperti gantungan kunci, kalung bahkan rambut panjang adalah resiko yang harus ditangani sebelum bekerja di area conveyor. Benda-benda panjang ini dapat tersangkut di bagian bergerak conveyor, menarik bagian tubuh pekerja dan beresiko melukai pekerja di area conveyor. Selalu simpan benda-benda yang tidak perlu dipakai sebelum bekerja di area conveyor, taati aturan pakaian yang sudah disediakan, dan gunakan hair net untuk jika memiliki rambut panjang.

  • Selalu ketahui lokasi Tombol Darurat conveyor

    Jika resiko yang dikhawatirkan memang terjadi, Anda harus bergerak cepat untuk menekan Tombol Darurat atau meminta orang lain untuk menekannya agar conveyor berhenti berjalan dan keadaan darurat Anda dapat diselesaikan. Selalu pastikan kondisi Tombol Darurat berfungsi sebelum menjalankan conveyor.

  • Pastikan safety guard / guarding sudah terpasang

    conveyor yang tidak dioperasikan dan dirawat dengan benar dapat mengakibatkan malfungsi atau korslet yang mengakibatkan kebakaran. Agar pekerja tidak terluka jika hal ini terjadi, maka disarankan untuk memasang panel safety guard / panel guarding di sekitar bagian mesin conveyor yang berpotensi menimbulkan bahaya.

  • Selalu ikuti prosedur Lock-Out, Tag-Out

    conveyor seperti mesin lainnya akan memerlukan perawatan periodik. Sebelum proses perawatan dimulai selalu matikan dan amankan sumber daya conveyor dengan mengunci (Lock-Out) sumber daya conveyor dan juga memberitahukan (Tag-Out) pekerja lain mengenai perawatan yang akan dilakukan agar pekerja lain tidak menyalakan conveyor tanpa sengaja saat Anda sedang merawat conveyor tersebut.

Beberapa hal berikut tidak boleh dilakukan saat bekerja di area conveyor.

  • Jangan menggunakan perhiasan atau pakaian longgar

    Perhiasan dan pakaian yang longgar (termasuk ujung baju yang tidak dimasukkan ke celana) dapat berpotensi tersangkut di bagian conveyor yang bergerak dan mencelakai pekerja. Rambut yang panjang pun juga memiliki potensi untuk tersangkut sehingga perlu diikat atau dimasukkan ke dalam baju atau memakai hair net.

  • Jangan duduk, berdiri di atas conveyor

    conveyor umumnya dapat menahan bobot sekitar 70kg dan bahkan di atas 70kg dengan material yang kuat, akan tetapi hal tersebut tidak memperbolehkan pekerja untuk duduk, menaiki atau memanjat conveyor. Melakukan hal-hal ini dapat mengakibatkan conveyor terguling dan Anda terjatuh. Jika Anda melakukan hal tersebut di conveyor yang sedang berjalan, maka potensi Anda (atau pakaian Anda) tersangkut di conveyor lebih besar.

  • Jangan mengubah mekanisme pengaman conveyor

    Mekanisme pengaman conveyor dipasang di conveyor tersebut hanya untuk satu alasan yaitu untuk menghindari kecelakaan kerja saat pengoperasian conveyor.

  • Jangan berusaha mencabut benda yang tersangkut sebelum conveyor mati

    Jika ada benda yang tersangkut di conveyor ataupun ada perawatan yang hendak dilakukan, maka pastikan Anda mengikuti prosedur LOTO (Lock-Out, Tag-Out) agar saat mencabut benda yang tersangkut tersebut, Anda dihindarkan dari potensi Anda yang tersangkut.

  • Jangan bekerja membelakangi conveyor

    Pastikan Anda dapat selalu melihat conveyor dan barang-barang yang sedang di atas conveyor saat Anda bekerja di dekat conveyor. Hal ini agar Anda dapat melihat hal apapun yang berada di atas conveyor tersebut sehingga jika ada barang yang terlempar ke arah Anda, Anda dapat langsung mengambil tindakan menghindar.