PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Cara Meningkatkan Efisiensi Conveyor di Lini Produksi


Cara Meningkatkan Efisiensi Conveyor di Lini Produksi

Conveyor banyak sekali di jumpai dalam berbagai macam industri, mulai dari industri makanan, kosmetik, hingga tambang. Menjadi sistem yang dapat sepenuhnya terotomatisasi, tanpa memerlukan bantuan manusia, konveyor dapat beroperasi 24/7, memproduksi dan mengemas produk sepanjang hari dan malam. Sistem penanganan otomatis ini adalah faktor penting untuk gudang atau pabrik manapun. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi conveyor di lini produksi Anda.

Biarkan Conveyor Bergerak Secara Efisien

Conveyor memiliki tugas untuk membawa beban pada saat tertentu. Walaupun ada beberapa conveyor yang mampu membawa beban hingga batasnya, akan tetapi nantinya berdampak pada kerusakan dalam jangka waktu yang lama. Pastikan produk untuk tidak berlebihan dan beratnya tidak melebihi batas yang ditentukan, karena satu conveyor penting untuk memastikan jalur produksi yang efisien dan sehat.

Otomatiskan Semua yang Anda Bisa

Beberapa kali diperlukan bantuan manusia dalam proses manufaktur untuk memastikan bahwa segala sesuatu dapat berjalan dengan lancar. Memang benar, setiap produk ataupun masalah produksi yang tidak normal dapat diidentifikasi dan ditangani oleh manusia jauh lebih cepat dibandingkan mesin manapun. Namun, dalam keadaan tertentu, manusia mungkin tidak dibutuhkan. Ketika kasus ini muncul, biaya jangka pendek untuk mengotomatisasi apa yang mereka lakukan akan lebih besar daripada manfaat produksi jangka panjang.

Pastikan Tidak Ada Produk yang Menumpuk di Atas Conveyor

Memastikan tidak adanya barang menjadi beban mati, sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengan efisiensi tidak perlu menunggu kecuali benar-benar diperlukan seperti, memberikan waktu pada produk untuk proses pendinginan, proses pengendapan, atau diuji dan diperiksa. Selain itu, mendiamkan produk cukup lama di conveyor akan menyebabkan penekanan berat pada area yang didiami. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan conveyor saat diberikan barang menumpuk.

Menjalankan Conveyor Secara Bersamaan untuk Peningkatan Efisiensi Kerja

Ketika proses produksi di Industri memiliki banyak produk yang perlu dipindahkan, satu conveyor mungkin akan berkerja terlalu keras, hingga melambat. Kelebihan beban pada conveyor juga dapat mengakibatkan masalah produksi yang berdampak serius pada proses produksi. Menerapkan beberapa konveyor yang melakukan pekerjaan yang sama akan membantu mengurangi beban kerja masing-masing konveyor, memungkinkan konveyor tersebut beroperasi pada kapasitas maksimumnya sambil tetap menjaga efisiensi.

Lakukan Perbaikan pada Inspeksi pada Conveyor Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, motor dan sabuk conveyor pasti akan rusak ataupun aus. Ketika kerusakan atau keausan bertambah, conveyor mulai bergerak semakin lambat dan memerlukan lebih banyak tenaga untuk melakukannya. Memeriksa conveyor sebelum rusak merupakan tindakan penting untuk memastikan bahwa Anda dapat mencegah permasalahan di conveyor.

Investasi Sistem Conveyor yang Berkualitas itu Sepadan?

Mengambil langkah untuk berinvestasi di sistem conveyor yang tepat dan berkualitas adalah cara bagus untuk menurunkan biaya produksi serta meningkatkan nilai bisnis Anda secara jangka panjang. Hal ini terjadi karena pergerakan produk yang cepat, yang nantinya akan meningkatkan proses produksi. Tidak hanya mengurangi biaya, akan tetapi dapat membantu menghemat waktu di jangka panjang. Tunggu apalagi segera konsultasikan kebutuhan conveyor Anda bersama kami disini

Bingung memilih conveyor yang ingin dibeli? Ada spesifikasi yang ingin dibahas lebih lanjut?

Konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer kami!
Janjian Konsultasi