PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Berapa Banyak Masalah Industri Diselesaikan Conveyor?


Berapa Banyak Masalah Industri Diselesaikan Conveyor?

Apa Itu Conveyor Dan Seberapa Penting Untuk Industri

Conveyor adalah bagian penting dari banyak industri. Mereka digunakan untuk memindahkan bahan dan produk dari satu tempat ke tempat lain, dengan cepat dan efisien. Conveyor dapat ditemukan di pabrik, gudang, dan pengaturan industri lainnya. Mereka memainkan peran penting dalam proses manufaktur dengan membantu mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

Conveyor tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari sistem overhead besar yang memindahkan beban berat hingga belt conveyor yang lebih kecil yang membawa material ringan. Jenis sistem conveyor yang digunakan tergantung pada jenis material yang dipindahkan, berat muatan, dan ukuran ruang yang tersedia untuk pemasangan. Terlepas dari jenis yang dipilih, konveyor dapat digabungkan dengan berbagai sistem untuk menyelesaikan banyak masalah industri.

Berikut adalah beberapa masalah industri yang dapat diselesaikan dengan menggunakan conveyor.

Kontrol Berat Barang

Conveyor dapat diintegrasikan dengan timbangan otomatis untuk memeriksa dan mengontrol berat barang. Misalnya, timbangan otomatis dapat diletakkan di bawah belt conveyor. Conveyor akan berhenti setiap kali produk berada di atas timbangan dan diukur. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah produk berada dalam kisaran standar berat atau di luar itu. Conveyor juga dapat memiliki pendorong otomatis sehingga setiap kali produk diukur melebihi kisaran berat standar, produk tersebut secara otomatis didorong keluar dari conveyor dan produk berikutnya akan bergerak maju ke timbangan.

Sortir Ukuran

Desain conveyor dapat menerapkan desain tertentu untuk memilah produk berdasarkan ukurannya. Sensor otomatis juga dapat ditempatkan untuk memeriksa ukuran produk secara real time. Jika produk masuk ke dalam kategori ukuran, maka pemilah bergerak atau pendorong dapat merespon untuk memisahkan produk tersebut dari produk lain yang belum disortir. Produk kemudian dapat diangkut ke jalur pemrosesan lain menggunakan conveyor lain. Ini membantu industri yang memiliki proses produksi berbeda untuk produk dengan ukuran berbeda.

Conveyor Lini Pendinginan

Produk yang baru saja melalui proses yang melibatkan panas suhu tinggi, dapat didinginkan dengan menggunakan sistem pendingin terintegrasi. Conveyor ini dapat menggunakan kipas untuk memasukkan udara dingin dan jajaran kipas lainnya untuk menyedot udara panas yang berasal dari produk. Untuk tujuan ini, Anda perlu mempertimbangkan toleransi panas dan desain conveyor yang akan Anda gunakan. Modular belt conveyor biasanya digunakan karena celah di antara sabuk modular memungkinkan aliran udara yang lebih baik.

Penegak Dan Penyegel Kardus

Sebagian besar industri menggunakan kotak kardus dengan merk mereka sendiri untuk mengirimkan barang mereka. Kotak kardus ini tentunya perlu dilipat, barang masuk, kemudian disegel. Semua ini membuat frustasi jika dilakukan secara manual. Conveyor juga dapat dirancang untuk mengotomatiskan proses ini sehingga pekerja Anda tidak perlu melakukannya. Kotak kardus datar masuk ke conveyor, dilipat otomatis lalu keluar dengan kondisi siap diisi barang. Setelah Anda mengisinya dengan barang, Anda tinggal memindahkannya ke conveyor sealer untuk menutup dan menyegel kardus.

Penyusun Pallet

Conveyor juga dapat diintegrasikan dengan tangan robot untuk mengatur produk di atas palet secara otomatis. Dengan integrasi ini, Anda tidak perlu lagi menumpuk kotak produk secara manual dan menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya tenaga kerja untuk itu. Anda cukup mengemudikan forklift untuk mengambil palet berikutnya dan Anda masukkan ke kontainer pengiriman.

Conveyor Pengisi

Integrasikan mesin pembuat produk Anda dengan conveyor sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya untuk mengisi kemasan satu per satu. Misalnya jika produk Anda adalah minuman dan Anda memiliki mesin yang memompa minuman ke dalam kemasan atau wadah, maka Anda dapat merancang conveyor untuk memindahkan kemasan ke bawah mesin, pompa minuman dan lalu keluar. Botol kosong masuk dan botol penuh keluar dengan cepat.