PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Kelebihan dalam Menggunakan Roller Conveyor di Industri


Kelebihan dalam Menggunakan Roller Conveyor di Industri

Roller Conveyor adalah mesin industri yang berfungsi untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain menggunakan roller-roller yang disusun sejajar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis Roller Conveyor, dan untuk mencari tahu Roller Conveyor jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat membaca artikel ini.

Mengapa Harus Menggunakan Roller Conveyor?

Berbagai macam jenis industri menggunakan Roller conveyor untuk mempermudah proses produksinya. Roller Conveyor adalah salah satu jenis conveyor yang umum digunakan di industri selain dari Belt Conveyor. Roller conveyor yang digunakan bi-asanya memiliki variasi jenis dan dimensi yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap lini produksinya. Roller conveyor merupakan suatu sistem conveyor yang penumpu utama barang yang ditransportasikan adalah roller. Roller pada sistem ini sedikit berbeda dengan roller pa-da conveyor jenis yang lain. Roller pada sistem Roller Conveyor didesain khusus agar cocok dengan kondisi barang yang ditransportasikan, misal roller diberi lapisan karet, lapisan anti karat, dan lain sebagainya. Sedangkan roller pada sistem jenis yang lain didesain cocok untuk sabuk yang ditumpunya. Roller ini biasanya terbuat dari bebera-pa material untuk menyesuaikan produk yang nantinya akan di transfer, seperti roller rubber, roller stainless, roller galvanis, roller aluminium, dan sebagainya.

Komponen Utama pada Roller Conveyor

Sama seperti conveyor lainnya, Roller Conveyor juga memiliki komponen utama dan juga bagian-bagiannya. Selain hal itu, Roller Conveyor memiliki 2 jenis sistem yaitu sis-tem gravitasi (tanpa menggunakan tenaga mesin) dan sistem mesin (tiap roller akan berputar sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Berikut beberapa komponen pada Roller Conveyor : 1. Kerangka Badan ini memiliki fungsi untuk menopang roller agar lokasi roller tidak berpindah dan tetap pada jalurnya. Pemasangan roller dengan kerangka badan ini wajib pas dan sesuai, agar tidak terjadi getaran yang tidak diinginkan saat roller ber-putar. Selain itu, kerangka badan ini juga harus menentukan jarak antara roller yang sesuai agar barang yang akan di transfer tidak jatuh. Selain itu pertimbangan dalam produk apa yang akan dipindah akan berpengaruh pada jarak tiap roller. 2. Tiang Penyangga mempunyai fungsi sebagai pondasi pada kerangka badan Roller Conveyor, atau bisa disebut sebagai kaki conveyor. Tiang ini berfungsi sebagai tumpu-an Roller Conveyor terhadap tanah yang dilalui sistem conveyor. Jarak antara tiang penyangga atau kaki conveyor ini berbeda tergantung dari seberapa panjang conveyor dan seberapa berat produk yang di transferkan. 3. Motor Penggerak memiliki fungsi untuk menggerakkan roller, sehingga barang yang akan dipindahkan berjalan. Namun roller conveyor memiliki beberapa jenis seperti gravity roller atau Roller Conveyor yang tidak menggunakan mesin sama sekali, hanya memanfaatkan gravitasi sebagai cara transfer produk. 4. Roller Conveyor memiliki fungsi sebagai pemindah barang yang akan di transferkan. Saat roller berputar, maka barang secara otomatis berpindah dari roller satu ke roller lainnya. Dimensi roller juga harus sama agar barang yang berada diatasnya berjalan tetap lurus dan tidak tersendat.

Tipe-Tipe Roller oapda Roller Conveyor

Roller Conveyor dari Connect Automation memiliki beberapa jenis pilihan Roller seperti Roller Stainless Steel, Roller Galvanis, Roller Rubber, Roller Auminium, Smooth Roller dan Edge Roller. Masing-masing dari roller ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda, dan juga roller ini memiliki peranan penting dalam transfer barang.

Fungsi dan Kelebihan Roller Conveyor

Roller conveyor hanya bisa memindahkan barang yang berupa unit seperti dusbox atau berupa barang yang sangat panjang seperti tongkat atau lainnya. Kelemahan dari roller conveyor ini tidak bisa memindahkan barang yang berbentuk butiran atau bubuk. Jika dibutuhkan untuk melakukan transfer butiran ataupun bubuk, maka harus dikemas terlebih dahulu dalam dus atau box agar bisa dipindahkan menggunakan Roller Conveyor. Kelebihan roller conveyor adalah bisa diaplikasikan pada kemiringan tertentu sehingga conveyor dapat berpindah dari tingkat satu ke tingkat lainnya. Selain hal itu, Roller Conveyor dapat membelokan jalur unit yang belokannya cukup tajam, sehingga hal ini sangat bermanfaat sekali dalam penggunaan tempat dengan ruang terbatas. Roller Conveyor juga dapat menggunakan motor atau hanya menggunakan gravitasi sebagai sarana melakukan pendistribusian barang. Tidak hanya itu, kelebihan lainnya adalah Roller Conveyor dapat menggabungkan dua jalur yang terpisah, salah satu metodenya adalah Y-Line dan accumulating Roller Conveyor.

Kesimpulan

Setiap conveyor pasti memiliki berbagai macam kelemahan dan kelebihan, dari hal ini anda harus teliti dalam memilih conveyor seperti apa yang dibutuhkan untuk industri Anda saat ini. Connect Automation adalah perusahaan yang menyediakan conveyor di Indonesia, dapat memberikan solusi bagi Anda dengan konsultasikan semua kebutuhan lini produksi Anda. Hubungi kami sekarang untuk mewujudkan conveyor impian anda sekarang!

Bingung memilih conveyor yang ingin dibeli? Ada spesifikasi yang ingin dibahas lebih lanjut?

Konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer kami!
Janjian Konsultasi