PT. Environeer
031-99858624 (Surabaya), 021-8935060 (Jakarta)

Beberapa Cara Untuk Merawat Bagian pada Roller Conveyor


Beberapa Cara Untuk Merawat Bagian pada Roller Conveyor

Roller Conveyor merupakan serangkaian rol yang tergabung dalam satu frame atau bidang yang berfungis untuk memindahkan objek menggunakan mesin ataupun menggunakan gravitasi. Roller conveyor biasanya digunakan untuk mengangkut produk seperti kardus, peti, kotak, dan lain sebagainya. Connect Automation menyediakan Roller Conveyor ini biasanya terbuat dari beberapa material untuk menyesuaikan produk yang nantinya akan di transfer, seperti roller rubber, roller stainless, roller galvanis, roller aluminium, dan sebagainya.

Roller Conveyor Dasar

Roller Conveyor memiliki berbagai jenis yang dapat dipilih, biasanya jenis roller akan disesuaikan dengan produk apa yang akan di transfer. Dari sekian banyak jenis roller conveyor, yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah sistem roller conveyor gravitasi. Hal ini dikarenakan roller conveyor jenis ini adalah mesin yang paling dasar. Jenis tersebut terbuat dari baja, alumunium, dan plastik. Roller conveyor gravitasi biasanya digunakan sebagai conveyor sementara untuk menggantikan conveyor roda dalam aplikasi tugas berat dan untuk menumpuk beban yang memerlukan penjadwalan khusus.

Cara Merawat Roller Conveyor

Komponen rol pada Roller Conveyor merupakan komponen penting di banyak industri, memfasilitasi kelancaran pergerakan barang dan material. Untuk memastikan kinerja optimal dan umur panjang, penting untuk merawat bagian-bagian Roller Conveyor dengan benar. Dengan menerapkan praktik pemeliharaan proaktif, Anda dapat mencegah potensi masalah dan memperpanjang umur sistem konveyor roller Anda. Setiap peralatan mulai dari yang besar hingga terkecil, tentunya membutuhkan perawatan. Entah itu perawatan secara besar-besaran atau hanya memantau bagaimana cara kerja alat tersebut, apakah terdapat kendala atau masalah yang perlu diperbaiki, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan mesin industri konveyor rol, mengingat pemakaiannya yang terus menerus, maka pengecekan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu juga diperlukan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk merawat konveyor rol pada tempat Anda.

Pembersihan Secara Rutin

Pembersihan rutin adalah aspek mendasar dari pemeliharaan roller conveyor. Debu, serpihan, dan kontaminan lainnya dapat menumpuk pada roller, menyebabkan gesekan dan menghambat kelancaran pengoperasian. Dengan membersihkan rol secara rutin menggunakan bahan pembersih yang sesuai dan memastikan rol bebas dari penghalang apa pun, Anda dapat meminimalkan keausan sekaligus memaksimalkan efisiensi.

Permberian Minyak Secara Teratur

Mesin peralatan industri yang menggunakan tenaga penggerak di dalamnya selalu membutuhkan pelumas untuk menjaga agar alat tersebut tetap bergerak. Seperti bagian rantai penggerak dan bantalan rol. Dalam jangka waktu beberapa hari atau bulan, bagian-bagian tersebut harus diberikan minyak secara teratur. Ini adalah langkah termudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar peralatan industri Anda tidak menghambat sistem produksi. Pemberian minyak sebagai pelumas juga akan memperlancar mesin roller dan melumasi bagian rol untuk berputar sehingga meminimalisir masalah pada putaran saat digunakan.

Melakukan Pemeliharaan Dasar

Selain melakukan pemeliharaan dasar, yang perlu diperhatikan adalah pengecekan mesin. Dari pengecekan mesin ini Anda akan mengetahui permasalahan kecil yang ada pada Roller Conveyor. Permasalahan yang Anda temukan ini akan sangat berguna sebelum masalah pada Roller Conveyor merusak seluruh bagian dan menghambat waktu produksi Anda.

Pemeriksaan Bagian-Bagian Mesin

Melakukan pemeriksaan pada bagian roller conveyor merupakan salah satu bentuk pencegahan dasar sebelum terjadi kerusakan pada mesin dan akhirnya mendadak mati dan tidak bisa beroperasi. Pemeriksaan ini akan berkaitan pada pengecekkan apakah rantai penggerak bergerak secara fleksibel, apakah permukaan sabuk aus, atau apakah permukaan rol dari Roller Conveyor mulai tidak rata. Berbagai permasalahan pastinya akan ada pada sistem conveyor, baik dari mesin penggeraknya ataupun dari roller nya. Dari hal ini, jika di temukan salahs atu roller tidak bergerak, atau salah satu roller goyah tidak stabil, maka menandakan rol itu harus segera diperbaiki dan perlu di atasi. Hal yang perlu diperhatikan dan menjadi catatan bagi Anda yang menggunakan Roller Conveyor, jika suhu rol sangat tinggi, maka Anda wajib mematikan sistem dan mem-biarkan diam untuk pendinginan sejenak. Kemudian periksa pada setiap bagian untuk memastikan tidak ada permasalahann yang akan membuat Roller Conveyor Anda se-makin rusak.

Bingung memilih conveyor yang ingin dibeli? Ada spesifikasi yang ingin dibahas lebih lanjut?

Konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer kami!
Janjian Konsultasi